[Tips] Hidup dengan Myasthenia Gravis

Tips Hidup dengan Myasthenia Gravis

Ketika kita hidup dengan Myasthenia Gravis, maka kita perlu mensiasati pola hidup kita agar kita bisa hidup berdampingan dengan MG itu sendiri. berikut kami rangkum tips hidup dengan MG :

Makan adalah kebutuhan tubuh untuk mendapatkan sumber nutrisi bagi tubuh anda, namun ketika Myasthenia Gravis anda sedang menyerang otot bulbar mengkonsumsi makanan akan menjadi sangat sulit. untuk mensiasatinya, tentukan waktu makan rutin anda, cobalah untuk makan ketika anda sedang memiliki kekuatan otot mengunyah dan menelan yang baik. berikan jeda waktu saat anda sedang mengunyah makanan anda, tidak perlu terlalu terburu-buru. Porsi makanan lebih kecil namun lebih sering sangat dianjurkan ketika otot mengunyah & menelan anda sedang terganggu. cobalah makanan lunak dan menghindari makanan lengket yang memerlukan banyak mengunyah ketika makan. bila otot bulbar sangat bermasalah, sangat dianjurkan menggunakan nasogastric tube (NGT) untuk mengkonsumsi makanan cair, hindari menelan makanan secara langsung untuk menghindari resiko tersedak.

ngt

 

Ketika Myasthenia Gravis anda sedang menyerang otot rangka terutama bagian otot tungkai kaki, baiknya anda mengurangi aktivitas berjalan anda. gunakan alat bantu jalan untuk menjaga anda agar tidak terjatuh & menyebabkan cidera pada tubuh anda. mintalah tolong ke kerabat atau saudara anda ketika anda memang harus berjalan.

jalan dipapah

 

 

Gunakanlah energi tubuh anda sepintar mungkin disaat Myasthenia Gravis anda sedang kambuh, gunakan alat bantu yg dapat mempermudah aktivitas anda. mulailah anda menghitung kekuatan dan batasan tubuh anda, pelajari batasan kemampuan tubuh anda untuk melakukan aktivitas bila Myasthenia Gravis anda sedang bermalasah. bila memang tidak memungkinkan, baiknya anda meminta bantuan orang lain untuk membantu anda.

 

Jika anda memiliki gangguan diplopia (pandangan ganda), menggunakan penutup mata akan sangat membantu anda untuk meringankan masalah ini, gunakan eye patch untuk sementara waktu disaat anda sedang membaca atau menonton telivisi. untuk menghindari kelelahan mata, pindahkan patch anda secara berkaladari satu mata ke mata yg lain.

patch eye

 

Jika anda memiliki sebuah pekerjaan rumah, belanja atau untuk merapikan rumah, mulailah merencanakan semua kegiatan anda bertepatan dengan waktu di mana anda dalam keadaan terbaik anda setelah mengkonsumsi obat. Jika anda mulai merasakan keletihan yg sangat mengganggu baiknya anda segera beristirahat untuk menghindari kelemahan otot anda yg semakin parah.

 

ketika tubuh anda sangat bermasalah akibat Myasthenia Gravis anda, ada baiknya anda segera meminta bantuan. Mintalah anggota keluarga dan teman-teman untuk membantu anda. jangan permah jauhkan hp dari diri anda, dan simpanlah no kontak orang yg dapat membantu anda bila anda membutuhkan bantuan dalam waktu yg cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*