Obat Piridostigmin (Mestinon)

Piridostigmin (Mestinon)

Apa itu Piridostigmin?

Piridostigmin adalah agen antikolinesterase yang digunakan untuk pengobatan simtomatik Myasthenia Gravis (MG). Di Amerika Serikat , Piridostigmin diproduksi dalam tablet 60 miligram, 60 miligram/5 mililiter sirup rasa raspberry, dan 180 miligram rilis berkelanjutan (efek yang bereaksi lebih lama) berupa tablet berwarna coklat kekuningan dengan nama dagang Mestinon ®. Piridostigmin regular tablet 60 miligram juga tersedia dalam formula generik (belum ada di Indonesia). Piridostigmin dalam bentuk suntikan 5 miligrams/milliliter juga bisa didapatkan dengan nama dagang Regonol Solution for Injection®.

Bagaimana piridostigmin digunakan dalam pengobatan myasthenia gravis?

Piridostigmin mencegah penguraian asetilkolin pada sambungan syaraf & otot. asetilkolin melintasi jarak menuju serat otot yang berada di sambungan syaraf otot dan mengikat reseptor. Kontraksi otot terjadi ketika asetilkolin mengaktifkan cukup reseptor pada sambungan saraf dan otot. Piridostigmin memungkinkan lebih banyak asetilkolin tetap berada di sambungan syaraf otot lebih lama dari pada biasanya sehingga reseptor bisa diaktifkan. Lebih banyak asetilkolin pada sambungan syaraf otot menghasilkan kontraksi otot yang lebih kuat dan mengurangi kelemahan otot akibat MG. Piridostigmin tidak menyembuhkan myasthenia Gravis tetapi membantu mengurangi gejala.

Hal-hal apa saja yang penting untuk diperhatikan saat mengkonsumsi Piridostigmin?

Sangat penting untuk meminum piridostigmin tepat waktu dan sesuai dengan apa yang telah diresepkan. Jika terlewatkan satu dosis dalam satu jam dosis yang telah diresepkan, pasien harus meminum dosis yang terlewat dan melanjutkan dosis yang lain sesuai dengan jadwal. Jika dosis terlewatkan lebih dari satu jam, pasien harus segera meminum dosis dengan segera dan menunggu antara 3 atau 4 jam sebelum mengkonsumsi dosis yang berikutnya. Dosis yang berikutnya harus diminus sesuai dengan interval yang telah diresepkan. Sebagai contoh, jika dosis piridostigmin lewat pada siang hari dan baru di minum pada pukul 2 siang, dosis yang selanjutnya akan diminum pada pukul 5 atau 6 sore atau sesuai petunjuk dokter. Jangan pernah mengambil dosis dobel untuk mengganti dosis yang telah lewat.

Tindakan aman yang seperti apa yang harus saya ikuti selama mengkonsumsi piridostigmin?

  • Perhatikan kemungkinan reaksi atau efek samping yang merugikan dan laporkan reaksi tersebut pada dokter MG anda.
  • Ikuti dengan seksama aturan dosis yang telah diresepkan. Untuk membantu dokter anda mengatur jumlah dosis yang diperlukan perorangan, laporkan respon setelah mengkonsumsi tiap-tiap dosis pada periode awal atau pada saat kelemahan MG yang tidak stabil.
  • Kenali bahwa pemilihan dosis piridostigmin yang optimal bisa menjadi sulit karena gejala kelebihan atau kekurangan dosis hampir sama.
  • Carilah pertolongan dengan segera jika kesulitan bernafas dan menelan.
  • Sediakan obat sesuai resep di rumah untuk menghindari kesulitan mendapatkan suplay piridostigmin
  • Simpan piridostigmin di tempat yang kering, jangan pernah meletakkan di tempat yang lembab seperti kamar mandi atau kulkas.
  • Bawalah obat-obatan jika berpergian tetapi tidak disimpan di bagasi.

Apa efek samping dari piridostigmin?

  • Gangguan pncernaan, mual, muntah
  • Kram perut dan diare
  • Peningkatan air liur, air liur, dan air mata
  • Peningkatan sekresi bronkial (lendir disaluran nafas)
  • Peningkatan keringat
  • Kejang otot
  • Kelemahan otot
  • Sakit kepala

Semua efek samping yang merugikan harus dilaporkan ke dokter yg menangani MG anda. Banyak efek samping tersebut dapat dikurangi dengan mengganti jumlah dosis piridostigmin. Jika perubahan dosis tidak memecahkan masalah, dokter mungkin akan menambah obat-obatan yang lain untuk mengontrol efek samping yang merugikan.

Apakah semua piridostigmin atau Mestinon sama?

Tidak

Piridostigmin Regular atau Mestinon terdiri dalam dua bentuk yaitu tablet Mestinon 60 mg dan sirup Mestinon 60mg/5ml. Efek terbaik biasanya terjadi dalam 60 atau 90 menit dan bertahan hingga 3 atau 4 jam.

Mestinon Timespan adalah bentuk piridostigmin bromide yang bertahan lebih lama yang secara pelan-pelan melepaskan bahan aktif selama hampir 12 jam. Mestinon Timespan biasanya diberikan sebagai dosis waktu tidur sehingga pasien tidak perlu untuk bangun setiap 3 atau 4 jam untuk minum Mestinon regular.

Mestinon Timespan tidak boleh dijadikan pengganti untuk Mestinon regular atau piridostigmin generik.

Mestinon Timespan tidak boleh dihancurkan.

Kemungkinan efek samping Mestinon Timespan® sama dengan efek samping dari Mestinon regular atau piridostigmin generik dan lebih mungkin terjadi.

Penyerapan dan efek dari Mestinon Timespan kadang-kadang tidak menentu. Beberapa dokter dan pasien lebih memilih jadwal dosis malam hari dengan menggunakan Mestinon regular atau piridostigmin generik.

Tidak ada jadwal dosis yang tetap yang akan sesuai dengan semua pasien MG, dimana pengobatan yang diberikan berbeda dari waktu ke waktu, hari ke hari dan respon untuk stress dan infeksi yg dapat memperburuk Myasthenia Gravis.

Kelemahan otot yang berbeda merespon secara berbeda pula dari pemberian dosis Mestinon atau piridostigmin generik. Dokter akan memilih dosis yang menghasilkan respon terbaik pada otot yang paling terpengaruh.

2 Comments

  1. I must say it was hard to find your website in google.
    You write great content but you should rank your website higher in search
    engines. If you don’t know 2017 seo techniues search on youtube:
    how to rank a website Marcel’s way

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*