Hidup dengan Myasthenia Gravis

Hidup dengan Myasthenia Gravis

Apakah anda melihat sebuah gelas yg penuh terisi? Atau yg hanya setengah saja isinya? Atau yg hanya sedikit saja isinya?

Eternal question: is the glass half-full or half-empty?

 

Itulah hidup anda, Myasthenia Gravis tidak akan merubah seluruh hidup anda. Gelas yg terisi penuh, setengah atau hanya sedikit tetaplah sebuah gelas yg mempunyai arti. Myasthenia Gravis tidak akan merubah cara pandang anda terhadap dunia ini jika anda tetap berpikir positif, ketika anda sedang merasakan sakit dapatkah anda tetap berpikir positif? Bisakah anda tetap berharap, bersikap optimis dan tetap mempunyai selera humor yg baik disaat anda mengetahui bahwa anda hidup dengan penyakit Myasthenia Gravis? Semua pilihan ada pada diri anda sendiri, apakah anda mau tetap berpikir postif atau tidak?

Mempunyai sifat positif dapat membantu anda menjalani hidup anda lebih baik, dapat mengontrol rasa khawatir anda, dan membangun hubungan yg baik dengan orang disekitar anda. Dengan atau tidak ada gejala MG, bersikap positif dapat membantu anda merasa lebih baik secara psikis.

Anda dapat melatih untuk tetap berpikir positif, walau berpikir positif itu tidak datang secara natural. Cobalah beberapa tahap berikut :

  • Latihan. Bisakah anda berpikir untuk menghargai sesuatu saat ini?
  • taruhlah dalam jadwal harian anda, ekspresikan sesuatu yg positif saat anda bangun tidur, saat makan, atau sebelum anda beranjak tidur.
  • Bergaulah dengan orang-orang yg selalu berpikiran optimis, jika sebuah pembicaraan didalam grup sudah mulai berubah menjadi cengeng dan selalu mengeluh. Mungkin sudah waktunya untuk anda pamit undur diri.
  • Buatlah penelitian, cobalah anda ke perpustakaan atau toko buku untuk mencari buku yg berisikan bagaimana hidup dengan penyakit. Untuk memulainya, anda dapat membaca buku-buku yg dapat memberikan motivasi untuk diri anda. (Saran admin, anda dapat membaca buku Karya Pelangi)
  • Bersyukur dan tetap taruh pikiran positif dalam hidup anda setiap harinya. Hidup anda akan berarti dan berharga bila anda mau menghargai diri anda sendiri. Tetap bersyukur dalam keadaan apapun, ingatlah Tuhan mengasihi anda lebih daripada yg anda pikirkan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*